Sering Bikin Bimbang, Simak Cara Memilih Kontrasepsi yang Tepat Biar Enggak Kebobolan Hamil!

By Dinda Tiara Alfianti, Kamis, 18 Januari 2024 | 17:25 WIB
Cara memilih kontrasepsi yang tepat (Healthline)

Stylo Indonesia - Alat kontrasepsi jadi hal penting untuk diperhatikan bagi perempuan.Apalagi perempuan yang ingin mengatur jarak kehamilan setelah menikah.Berbagai alat kontrasepsi kini bisa dipilih oleh sebagian besar perempuan.Mulai dari Pil KB hingga Suntik KB yang terkadang membuat banyak perempuan bingung.Daripada bimbang, simak cara memilih kontrasepsi yang tepat rangkuman Stylo Indonesia:1. Konsultasikan dengan Profesional Kesehatan        Pertama-tama, bicarakan dengan dokter atau profesional kesehatan kamu.Mereka dapat memberikan informasi yang akurat berdasarkan kondisi kesehatan kamu, riwayat medis, dan preferensi pribadi.2. Pertimbangkan Kesehatan Pribadi        Pertimbangkan kondisi kesehatan pribadi kamu, seperti riwayat penyakit, alergi, dan reaksi terhadap hormon.

Beberapa metode kontrasepsi mungkin lebih cocok untuk kondisi kesehatan tertentu.3. Frekuensi Penggunaan        Pertimbangkan seberapa sering kamu perlu menggunakan metode kontrasepsi.

Baca Juga: Jangan Asal! Inilah Beberapa Kesalahan Menngunakan Alat Kontrasepsi

 Baca Juga: Jangan Sampai Salah Pakai! Kondom Aneka Rasa Hanya untuk Oral Seks

Beberapa metode memerlukan penggunaan setiap hari (seperti pil kontrasepsi), sedangkan yang lain mungkin lebih sesuai untuk penggunaan jangka panjang (seperti IUD).4. Efektivitas       Pahami tingkat efektivitas dari setiap metode kontrasepsi. Beberapa metode lebih efektif daripada yang lain, tetapi efektivitas juga dapat dipengaruhi oleh sejauh mana metode tersebut digunakan sesuai petunjuk.5. Efek Samping       Ketahui efek samping yang mungkin terjadi. Beberapa orang mungkin lebih rentan terhadap efek samping tertentu, jadi penting untuk memahami potensi risiko dan manfaatnya.6. Kemudahan Penggunaan        Pertimbangkan kemudahan penggunaan. Beberapa orang mungkin merasa lebih nyaman dengan metode yang memerlukan sedikit perhatian harian, sementara yang lain mungkin lebih cocok dengan metode yang hanya perlu dipikirkan beberapa kali setahun.7. Pilihan Pasangan        Diskusikan pilihan kontrasepsi dengan pasangan kamu.Keputusan ini dapat memerlukan keterlibatan bersama, dan mungkin ada preferensi atau kekhawatiran yang perlu dipertimbangkan bersama.8. Aspek Finansial        Pertimbangkan aspek finansial, karena beberapa metode kontrasepsi mungkin lebih mahal daripada yang lain. Periksa apakah metode yang kamu pilih dicakup oleh asuransi atau program kesehatan.Jadi, pastikan kamu pilih yang sesuai ya, Stylovers! (*)