Nikmat Berujung Petaka, Ini Bahaya Pakai Kondom Kedaluwarsa untuk Bercinta

By Dinda Tiara Alfianti, Kamis, 23 November 2023 | 19:25 WIB
Bahaya pakai kondom kedaluwarsa (iStock)

Stylo Indonesia - Kondom menjadi salah satu cara bagi pasangan untuk menunda kehamilan.Tak hanya itu, sebagian pasangan juga menggunakan kondom untuk terhindar dari penyakit seksual saat bercinta.Namun, sebagian besar pasangan justru tak sadar untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa kondom yang akan dipakai saat bercinta.Tentunya, berbagai risiko bisa saja terjadi jika terlanjut menggunakan kondom yang sudah kedaluwarsa tersebut.Biar enggak terjadi di kamu, ini bahaya pakai kondom kedaluwarsa untuk bercinta rangkuman Stylo Indonesia:1. Kekuatan dan Elastisitas MenurunKondom yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa mungkin menjadi lebih rapuh, kehilangan elastisitas, dan cenderung lebih mudah robek. Hal ini dapat meningkatkan risiko kebocoran atau kegagalan kondom dalam mencegah penularan penyakit menular seksual (PMS) atau kehamilan.2. Pelumas Kondom Hilang EfektivitasnyaBeberapa kondom memiliki lapisan pelumas untuk meningkatkan kenyamanan dan mengurangi gesekan.

Seiring waktu, pelumas ini dapat mengering atau kehilangan efektivitasnya, yang dapat meningkatkan risiko robek atau iritasi.3. Ketidakpastian Penggunaan Kondom

Baca Juga: Kutil Kelamin dapat Dicegah, Ini Langkah yang Harus Kamu Lakukan

 Baca Juga: 3 Tips Berhubungan Seks Tetap Nikmat Meskipun Pakai Kondom, Justru Bikin Merem Melek

Menggunakan kondom yang kedaluwarsa dapat memberikan ketidakpastian dalam perlindungan yang diberikan.

Kondom yang tidak efektif dapat meningkatkan risiko penularan infeksi atau kehamilan.4. Reaksi Alergi atau IritasiBahan-bahan kimia dalam kondom dapat mengalami perubahan seiring berjalannya waktu, dan ini dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit.5. Penurunan KeamananPenggunaan kondom yang kedaluwarsa dapat menurunkan tingkat keamanan dan kepercayaan diri saat berhubungan seks. Ini dapat memengaruhi pengalaman seksual dan kesejahteraan psikologis.Jadi, pastikan untuk selalu cek tanggal kedaluwarsa kondom yang akan kamu gunakan ya, Stylovers! (*)