5 Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuh Saat Kurang Tidur, Jangan Anggap Sepele!

By Dinda Tiara Alfianti, Selasa, 31 Oktober 2023 | 11:45 WIB
Dampak kurang tidur untuk kesehatan (iStock)

Stylo Indonesia - Tidur menjadi hal penting untuk kesehatan tubuh setiap orang.Sayangnya, beberapa orang menganggap sepele dengan kurangnya tidur yang berkualitas setiap hari.Padahal, tidur adalah salah satu bentuk aktivitas yang memiliki hubungan erat dengan wellbeing seseorang.

Menurut data yang terangkum dalam Bobobox Impact Report 2022 yang dikutip Stylo Indonesia dari berbagai sumber, mayoritas konsumen telah memahami pentingnya tidur berkualitas. Kendati demikian, kesadaran ini belum selaras dengan implementasi tidur cukup yang selama ini mereka terapkan. Hanya sebagian dari mereka yang secara teratur menerapkan kebiasaan tidur memadai.Kebiasaan ini berpotensi memberikan dampak yang signifikan. Khusus untuk Stylovers, berikut 5 hal yang akan terjadi pada tubuh saat kurang tidur rangkuman Stylo Indonesia:1. Gangguan KognitifKurang tidur dapat menyebabkan gangguan kognitif seperti kesulitan berkonsentrasi, memori yang buruk, dan penurunan daya pemecahan masalah.2. Gangguan MoodOrang yang kurang tidur sering mengalami perubahan suasana hati, seperti mudah marah, cemas, atau depresi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Handbody Malam untuk Memutihkan Kulit Sebelum Tidur

 

Kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko gangguan mental.3. Gangguan Kesehatan FisikKurang tidur telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit fisik seperti obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penurunan sistem kekebalan tubuh.4. Kinerja MenurunKurang tidur dapat mengurangi kinerja fisik dan mental, yang dapat berdampak negatif pada pekerjaan dan produktivitas.5. KelelahanOrang yang kurang tidur sering merasa lelah dan kurang bertenaga sepanjang hari.Jadi, jangan sampai abaikan pentingnya tidur yang cukup dan berkualitas ya, Stylovers! (*)