Kenapa Tubuh Malah Terasa Sakit Setelah Dipijat? Simak Faktanya!

By Dinda Tiara Alfianti, Kamis, 31 Agustus 2023 | 12:25 WIB
Fakta kenapa tubuh terasa sakit setelah dipijat (Massagenearme)

Stylo Indonesia - Kenapa tubuh malah terasa sakit setelah dipijat?Bagi sebagian orang pijat menjadi salah satu cara untuk mengurangi rasa pegal di tubuh.Namun, beberapa orang malah merasakan tubuhnya terasa sakit setelah dipijat.Sensasi sakit atau ketidaknyamanan setelah pijatan bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda nih, Stylovers!Khusus untuk Stylovers, berikut adalah beberapa alasan mengapa tubuh kamu mungkin terasa sakit setelah dipijat:1. Penumpukan Asam LaktatSaat tubuh kamu mengalami pijatan atau manipulasi otot, aliran darah meningkat ke daerah yang dipijat.

Ini dapat membantu menghilangkan zat limbah, termasuk asam laktat, dari otot kamu. Namun, jika terlalu banyak asam laktat dikeluarkan dari otot secara cepat, ini dapat menyebabkan sensasi kelelahan atau nyeri ringan.2. PeradanganPijatan yang intens atau terlalu dalam bisa menyebabkan peradangan ringan dalam otot atau jaringan. Ini dapat menyebabkan rasa sakit setelah pijatan, tetapi biasanya akan mereda dalam beberapa hari.

Baca Juga: Pijat Wajah Bikin Kulit Cerah, Ini Area Titik Akupuntur Wajah yang Disarankan

 

3. Kerusakan Jaringan MikroPijatan yang terlalu kuat atau kasar dapat menyebabkan kerusakan mikroskopis pada serat otot atau jaringan lainnya. Ini bisa mengakibatkan rasa sakit atau kekakuan setelah pijatan.4. Tekanan BerlebihanTerlalu banyak tekanan pada area tertentu selama pijatan dapat menyebabkan iritasi atau bahkan cedera pada otot atau jaringan. Hal ini bisa membuat kamu merasa sakit setelah pijatan.5. DehidrasiMinum air yang cukup penting untuk menjaga otot dan jaringan kamu tetap sehat. Jika kamu dehidrasi, otot kamu mungkin lebih rentan terhadap rasa sakit setelah pijatan.6. Reaksi TubuhSetiap individu bereaksi berbeda terhadap pijatan.

Beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap stimulasi fisik, sementara yang lain mungkin memiliki ambang nyeri yang lebih rendah.7. Pijatan Terlalu LamaPijatan yang berkepanjangan pada area yang sama bisa menyebabkan iritasi atau kelelahan pada otot, yang kemudian dapat menghasilkan rasa sakit.8. Tekanan Darah RendahSetelah sesi pijatan yang panjang, beberapa orang mungkin mengalami penurunan tekanan darah. Ini bisa membuat kamu merasa pusing atau lemas, yang mungkin disertai dengan sensasi nyeri.Jika rasa sakit yang kamu alami setelah pijatan terus berlanjut atau sangat mengganggu, disarankan untuk berbicara dengan terapis pijat kamu.Penting untuk berkomunikasi selama sesi pijat dan memberi tahu terapis kamu tentang tingkat kenyamanan dan tekanan yang sesuai bagi kamu.Jika kamu mengalami rasa sakit yang hebat atau berkepanjangan, berkonsultasilah dengan profesional medis. (*)(Sebagian Artikel Ini dari AI)