Cara Mengatasi Selangkangan Gatal Berkerak, Jangan Garuk-garuk Terus Ah!

By Dinda Tiara Alfianti, Senin, 14 Agustus 2023 | 17:58 WIB
Cara mengatasi selangkangan gatal (Freepik)

Stylo Indonesia - Cara mengatasi selangkangan gatal berkerak bisa kamu lakukan.Berbagai cara mengatasi selangkangan gatal berkerak cukup jadi pertanyaan sebagian orang.Beberapa cara mengatasi selangkangan gatal berkerak bisa kamu lakukan nih, Stylovers!Khusus untuk Stylovers, berikut cara mengatasi selangkangan gatal berkerak rangkuman Stylo Indonesia:1. Jaga KebersihanPastikan untuk menjaga area selangkangan kamu tetap bersih dan kering. Mandilah secara teratur dengan sabun ringan dan air hangat, kemudian keringkan dengan lembut dengan handuk bersih.2. Gunakan Pakaian LonggarHindari pemakaian pakaian ketat atau terlalu lembab, karena dapat mengiritasi kulit dan memperburuk gatal.

Pilih pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang dapat bernapas, seperti katun.3. Hindari Bahan Kimia BerlebihanHindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia keras, seperti pewarna, parfum, atau deterjen yang dapat menyebabkan iritasi.

Baca Juga: Rekomendasi Obat Penghilang Jamur di Selangkangan, Ampuh Banget!

 

4. Gunakan Krim PelembapGunakan krim pelembap yang lembut dan bebas pewangi untuk menjaga kulit tetap lembap. Pilih produk yang tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi.5. Hindari MenggarukMeskipun terasa gatal, usahakan untuk tidak menggaruk area selangkangan. Menggaruk dapat memperburuk iritasi dan merusak kulit.6. Gunakan Krim Anti GatalKrim over-the-counter yang mengandung bahan seperti hydrocortisone dapat membantu meredakan gatal dan peradangan. Namun, jangan gunakan krim ini dalam jangka panjang tanpa berkonsultasi dengan dokter.7. Hindari PemicuIdentifikasi apakah ada pemicu yang memicu gatal, seperti alergi makanan atau reaksi terhadap produk perawatan kulit tertentu. Mencoba menghindari pemicu ini dapat membantu mengurangi gejala.8. Berpengaruh terhadap DietBeberapa kasus gatal bisa terkait dengan pola makan. Memperhatikan diet kamu dan mencoba menghindari makanan yang dapat memperburuk peradangan atau alergi bisa membantu.9. Jaga Kesehatan Tubuh secara UmumMenjaga gaya hidup sehat, seperti makan dengan seimbang, berolahraga, tidur cukup, dan mengelola stres, juga dapat berdampak positif pada kesehatan kulit.Jika gatal dan iritasi berlanjut atau semakin parah, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau dermatolog. Mereka dapat memberikan diagnosis yang akurat dan memberikan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi kulit kamu.Selamat mencoba Stylovers! (*)(Sebagian Artikel Ini dari AI)