Jangan Kebanyakan Garuk Bikin Malu! Ini Cara Menghilangkan Kutu dengan Bahan Alami

By Dinda Tiara Alfianti, Kamis, 27 Juli 2023 | 18:25 WIB
Cara menghilangkan kutu secara alami (iStock)

Stylo Indonesia - Cara menghilangkan kutu adalah hal yang cukup sering jadi pertanyaan.Berbagai cara menghilangkan kutu bisa kamu lakukan nih, Stylovers!Termasuk juga cara menghilangkan kutu dengan bahan alami yang ada di rumah kamu.Khusus untuk Stylovers, berikut cara menghilangkan kutu dengan bahan alami rangkuman Stylo Indonesia:1. Minyak pohon teh (tea tree oil)Minyak pohon teh memiliki sifat antiparasit dan antijamur yang dapat membantu mengatasi kutu rambut.  

Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, lalu oleskan campuran ini ke kulit kepala. Diamkan selama beberapa jam atau semalam, kemudian sikat rambut kamu menggunakan sisir khusus untuk kutu rambut. Setelah itu, cuci rambut kamu dengan sampo biasa.2. Cuka apelCuka apel dapat membantu melarutkan lem yang menempel pada kutu rambut. Campurkan cuka apel dengan air dalam perbandingan 1:1, lalu semprotkan ke seluruh rambut hingga basah.

Baca Juga: Kutu Rambut Bikin Malu, Ini Cara Ampuh Menghilangkannya dengan Mudah

 

Tutup kepala dengan shower cap dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu, sikat rambut dengan sisir kutu rambut dan bersihkan rambut dengan sampo.3. Bawang putihBawang putih memiliki sifat antimikroba dan antiparasit yang dapat membantu mengusir kutu rambut.

Haluskan beberapa siung bawang putih, campurkan dengan sedikit air, dan oleskan pasta ini ke kulit kepala.

Diamkan selama 2 jam, kemudian cuci rambut dengan sampo.4. Minyak kelapaMinyak kelapa bisa membantu melemaskan kutu dan menjadikannya lebih mudah untuk dikeluarkan. Oleskan minyak kelapa secukupnya ke seluruh rambut dan kulit kepala, kemudian diamkan semalam. Keesokan harinya, gunakan sisir kutu rambut untuk mengangkat kutu dan telurnya. Setelah itu, cuci rambut dengan sampo.5. Sampo anti-kutu alamiKamu dapat mencari sampo yang mengandung bahan-bahan alami seperti minyak pohon teh, ekstrak neem, atau minyak lavender. Gunakan sampo ini sesuai petunjuk pada kemasan, dan pastikan kamu memakainya secara teratur.Selain menggunakan cara-cara di atas, sangat penting untuk membersihkan dan mendisinfeksi semua pakaian, handuk, topi, dan barang-barang lain yang telah bersentuhan dengan kepala kamu selama masa infestasi kutu rambut. Juga, berhati-hatilah untuk tidak berbagi barang-barang pribadi seperti sisir, sikat, atau topi dengan orang lain.Jika masalah kutu rambut tetap berlanjut atau menjadi lebih parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif dan efektif.Selamat mencoba Stylovers! (*)(Sebagian Artikel Ini dari AI)