Kenapa Kulit Tetap Menghitam Meski Rajin Pakai Sunscreen Setiap Siang?

By Dinda Tiara Alfianti, Senin, 29 Mei 2023 | 20:25 WIB
Kenapa kulit menghitam meski rajin pakai sunscreen? (Wavebreakmedia)

Stylo Indonesia - Kenapa kulit tetap menghitam meski rajin pakai sunscreen?Pertanyaan kenapa kulit tetap menghitam meski rajin pakai sunscreen kayaknya bikin sebagian perempuan penasaran.Meskipun kamu menggunakan sunscreen, tetapi mungkin kulit kamu terlihat hitam atau tidak mendapatkan perlindungan yang cukup. Berikut beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi hal tersebut nih, Stylovers:1. Kurangnya jumlah sunscreen yang digunakanJika kamu tidak mengaplikasikan cukup sunscreen, lapisan perlindungan yang dihasilkan mungkin tidak mencukupi untuk melindungi kulit Anda secara efektif.

Pastikan kamu mengaplikasikan sunscreen dalam jumlah yang cukup, umumnya sekitar setengah sendok teh untuk wajah dan satu sendok teh untuk seluruh tubuh.2. Tidak mengulang pengaplikasian sunscreen secara teraturSunscreen perlu diaplikasikan ulang secara teratur, terutama setelah beraktivitas di bawah sinar matahari, berkeringat, atau mengusap handuk pada kulit. Jika kamu tidak mengulang pengaplikasian sunscreen dengan tepat, perlindungan dapat berkurang dan kulit menjadi lebih rentan terhadap efek sinar matahari.

Baca Juga: Apa Bedanya Sunscreen SPF 30 dan 50? Ketahui Mana yang Kamu Butuhkan!

 

3. Kualitas dan SPF sunscreen yang digunakanPenting untuk memilih sunscreen yang memiliki faktor perlindungan matahari (Sun Protection Factor/SPF) yang cukup tinggi dan memberikan perlindungan spektrum luas terhadap sinar UVA dan UVB. Pastikan kamu menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan mengandung bahan aktif yang tepat.4. Paparan sinar matahari yang berlebihanMeskipun menggunakan sunscreen, paparan sinar matahari yang berlebihan masih dapat mempengaruhi kulit kamu. Jika kamu terlalu lama terpapar sinar matahari, terutama saat intensitas sinar matahari puncak (antara pukul 10 pagi hingga 4 sore), kulit kamu tetap bisa mengalami kerusakan dan menjadi lebih gelap.Selain menggunakan sunscreen, penting juga untuk menggunakan metode perlindungan lain seperti memakai pakaian yang melindungi, topi, kacamata hitam, dan menghindari paparan sinar matahari langsung saat sinar matahari puncak. Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang perubahan warna kulit yang tidak biasa atau persisten, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk penilaian lebih lanjut. (Sebagian Artikel Ini dari AI)