Kulit Kering? Ternyata Ini Loh Penyebabnya, Simak Penjelasan Ahli!

By Ananda Amelia, Senin, 20 Februari 2023 | 14:00 WIB
Kulit Kering? Ternyata Ini Loh Penyebabnya, Simak Penjelasan Ahli! (freepik)

Stylo Indonesia - Permasalahan kulit kering banyak dialami oleh tiap orang, apalagi melihat kondisi cuaca di Indonesia. 

Yap, banyak orang mengalami permasalahan kulit kering yang seringkali cukup sulit untuk diatasi karena membuatnya jadi tidak nyaman. 

Kulit kering juga menjadi salah satu jenis kulit, selain kulit berminyak, kombinasi, dan juga normal. 

Sebelum membahas lebih lanjut, apakah kamu tahu apa yang menjadi kantor penyebab dari kulit kering?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Akbar Wedyadhana menjelaskan ada beberapa hal yang menyebabkan kulit kering. 

Pertama adalah faktor genetik, dimana ini juga banyak terjadi saat ini yang kerap kali permasalahan kulit kering yang cukup parah banyak dikenal dengan nama dermatitis atopik. 

“Orang-orang seperti ini memang secara genetik sudah mengalami masalah kulit kering. Jadi produksi pelembab alaminya dari dia lahir itu memang sudah berkurang atau sudah sedikit jumlahnya. Jadi tidak sama jumlahnya dengan orang yang kulitnya normal.” ujarnya.

Kemudian ada pula faktor lain yakni dari paparan sinar matahari atau terlalu lama di bawah sinar matahari yang ternyata juga bisa menyebabkan kulit kering. 

Faktor usia juga ternyata bisa menjadi penyebab lain dari masalah kulit kering, jadi mungkin saat muda kulit tidak bermasalah, saat sudah lanjut usia mengalami perubahan pada kondisi kulit. 

Baca Juga: 5 Body Lotion untuk Kulit Kering dengan Ceramide, di Bawah Rp100 Ribu!

 

“Satu lagi penyebab lain dari perawatan yang kurang pas. Misalnya menggunakan produk-produk baik sabun atau moisturizer. Sering scrub kulit juga bisa lama-kelamaan bisa membuat kulit jadi kering.” jelasnya. 

Alhasil bisa disimpulkan bahwa ada banyak sekali faktor penyebab dari kulit kering, dari mulai perawatan kulit, hingga faktor lainnya. (*)