Karpet Merah Jagantara Luncurkan Heritage Diplomacy, Kolaborasi Wastra Nusantara dengan Fashion Mancanegara

By Grace Kencana Pranata, Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:00 WIB
Karpet Merah Jagantara Luncurkan Heritage Diplomacy, Kolaborasi Wastra Nusantara dengan Fashion Mancanegara (IG: @wbi.foundation)

Stylo Indonesia - Warisan Budaya Indonesia menghadirkan keragaman Wastra Nusantara yang memiliki keunikannya yang memesona dalam acara Karpet Merah Jagantara.

Acara Karpet Merah Jagantara merupakan salah satu dari bagian terpenting dalam rangkaian penyelenggaraan JAGANTARA (Jaga Warisan Nusantara) yang diadakan oleh Warisan Budaya Indonesia, WBI Foundation.

Peluncuran Wastra Nusantara ini diluncurkan dalam program Heritage Diplomacy yang kegiatan utamanya adalah menjalin kerjasama dalam hal warisan budaya dengan negara-negara sahabat sebagai salah satu wujud menjaga, melestarikan, dan memperkenalkan warisan dari budaya Indonesia.

Digelar di Astha District 8 pada Kamis, 11 Agustus 2022, Karpet Merah Jagantara ini digelar sebagai apresiasi kepada para pekerja seni dan toko budaya.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Yanti Airlangga selaku Ketua Umum dari WBI Foundation dan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Ibu Retno Marsudi.

Selanjutnya, dalam rangkaian acara Karpet Mrah Jagantara ini meresmikan program Heritage Diplomacy yang berupa instalasi karya 8 desainer kenamaan di Tanah Air dengan 8 jenis Wastra Nusantara yang terinspirasi oleh 8 busana nasional atau tradisional negara-negara sahabat.

Kedepalan ngara tersebut terdiri dari China, India, Jepang, Kenya, Korea, Mexico, Polandia, dan Spanyol.

Karpet Merah Jagantara dihadiri oleh sejumlah Duta Besar negara sahabat dan para tokoh seni budaya lintas generasi seperti Jajang C. Noer, Lukman Sardi, Nino Fernandez, Sigi Wimala, dan diisi oleh penampilan konfigurasi tari Bali kontemporer dari Sadrina, peampilan Groove dan Rita Roeslan, Reza Artamevia, dan DJ Anton.

Para tamu undangan yang hadir dalam acara Karpet Merah Jagantara ini pun tampil dengan dress code Gaya Nusantara dari berbagai daerah seperti batik, tenun, ulos, dan masih banyak lagi.

Melalui Karpet Merah Jagantara, Warisan Budaya Indonesia Foundation selaku penyelenggara berharap masyarakat khususnya Milenial dan Gen-Z semakin terbuka dan menghargai betapa kayanya Wastra Indonesia.

Baca Juga: Jagantara oleh WBI Foundation, Gaungkan Arti Penting Melestarikan Budaya Indonesia

 

Tentunya, momentum ini juga menjadi momentum bagi pekerja seni untuk bangkit kembali mewujudkan karya dan karsa di dunia bisnis yang dijalaninya. (*)