Benarkah Ketombe yang Tebal di Kulit Kepala Sebabkan Pertumbuhan Rambut Jadi Terganggu? Simak Kata Pakar!

By Dinda Tiara Alfianti, Senin, 13 Juni 2022 | 12:25 WIB
Ilustrasi kulit kepala (BestHealth)

Stylo Indonesia - Ketombe yang tebal di kulit kepala menjadi hal yang cukup mengganggu sebagian perempuan.

Apalagi kondisi kulit kepala yang luka akibat ketombe tebal yang menyebabkan rasa gatal berlebihan.

Bukan hanya sebabkan luka, ada pula anggapan jika kondisi ketombe di kulit kepala bisa sebabkan pertumbuhan rambut jadi terganggu.

Benarkah?

Hal tersebut dijawab jelas oleh dr. Cintawati Farmanina, M.Bio (AAM), Founder Farmanina Hair & Beauty Clinic, saat diwawancarai Stylo Indonesia, beberapa waktu lalu.

Menurut dokter Cintawati, kondisi kulit kepala yang berketombe bahkan hingga terjadi luka atau koreng memang jadi salah satu penyebab pertumbuhan rambut jadi terganggu.

"Ketika kulit kepala itu tertutup dengan korengnya itu, pasti pertumbuhan rambut terganggu karena sirkulasi pembuluh darah yang ke folikel rambutnya itu juga terganggu," ungkap dokter Cintawati.

Dokter Cintawati juga menjelaskan bahwa kulit kepala yang berketombe sudah pasti akan menyebabkan rambut rontok.

Baca Juga: Hemat Tanpa Pakai Sampo Mahal! Ini Cara Mengatasi Ketombe dengan Jeruk Nipis

 

"Makanya kenapa orang yang berketombe biasanya rambutnya mudah rontok, orang yang luka di kulit kepala biasanya rambutnya juga rontok," katanya.

Sehingga, dokter Cintawati juga menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan kulit kepala jika kamu menginginkan kondisi rambut yang sehat.

"Jadi memang untuk kerontokan rambut yang utama tuh, sebenarnya higienis dari kulit kepalanya dulu, kalau kulit kepala itu bersih tidak ada ketombe itu pertumbuhannya bagus," jelasnya. (*)