Penyebab dan Gejala Psoriasis, Ini Kata Dokter Spesialis Kulit!

By Ananda Amelia, Sabtu, 28 Mei 2022 | 10:00 WIB
Penyebab dan Gejala Psoriasis, Ini Kata Dokter Spesialis Kulit! (pexels.com)

Stylo Indonesia - Saat ini, penting banget untuk tahu apa penyebab dan gejala psoriasis.

Hal ini dikarenakan psoriasis bisa terjadi kapan saja dan oleh siapa saja, untuk itu penting untuk mengetahui penyebab dan gejala psoriasis

Apakah kamu tahu penyebab dan gejala psoriasis? 

Psoriasis adalah sebuah keadaan dimana kulit mengalami permasalahan yang mengakibatkan kulit terasa kering, tebal, kasar, dan juga kemerahan serta ada rasa gatal. 

Nah, psoriasis sendiri biasanya terjadi pada area lutut, siku, hingga kulit kepala. 

Umumnya, psoriasis terjadi karena adalah proses pergantian kulit yang terjadi secara cepat, lebih cepat dari proses pergantian kulit pada umumnya. 

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami psoriasis, sehingga tak menutup kemungkinan bahwa siapa saja bisa mengalaminya. 

Jika kamu bertanya-tanya apa sih penyebab psoriasis? Jawabannya belum pasti, namun beberapa diantaranya bisa terjadi karena gangguan sistem kekebalan tubuh, faktor lingkungan, cuaca, hingga permasalahan terhadap kelembapan udara.

Adapun penyebab lain yang bisa memicu munculnya psoriasis karena infeksi kulit akibat cedera, banyak mengonsumsi minuman beralkohol, mengonsumsi obat malaria, dan juga obat tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: Perbedaan Ketombe dan Psoriasis Kulit Kepala Menurut Ahli Dermatologi!

 

Lalu, bagaimana dengan gejalanya? Diantaranya adalah kulit yang memerah, terasa tebal dan bersisik, tebal, pecah-pecah, hingga berdarah. 

Kondisi ini perlu diperhatikan secara seksama, apabila tiba-tiba mengalami gejala yang lebih serius, lebih baik untuk langsung konsultasikan pada dokter demi mendapatkan penanganan yang lebih serius. (*)