Jangan Ikut-ikutan Tren! Ini Cara Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif Menurut Pakar

By Dinda Tiara Alfianti, Rabu, 18 Mei 2022 | 14:25 WIB
Ilustrasi skincare (Dermatologyadvisor)

Stylo Indonesia - Cara memilih skincare untuk kulit sensitif jadi salah satu hal yang cukup banyak membuat perempuan penasaran.

Sekilas mudah, perlu cara memilih skincar untuk kulit sensitif yang tepat agar kulit kamu enggak iritasi bahkan jerawatan.

Tak perlu juga harus ikut-ikutan tren, cara memilih skincare untuk kulit sensitif tentu berbeda dengan perempuan yang kulitnya normal.

Hal tersebut juga dijelaskan oleh dr. Jonathan R. Subekti,SpKK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, yang diwawancarai Stylo Indonesia, beberapa waktu lalu.

Sebelum membeli skincare, dokter Jonathan menyarankan untuk memperhatikan kandungan yang terdapat pada skincare yang akan kamu pakai.

"Kalau untuk kulit sensitif sebelum memilih skincare kita bisa melihat ingredients yang ada di kemasannya. Bahan-bahannya kalau semakin banyak itu kan, kemungkinan terkena iritasi juga semakin banyak," jelas dokter Jonathan.

Untuk kulit sensitif, dokter Jonathan juga menyarankan untuk menghindari skincare dengan kandungan fragrance.

"Perlu diketahui kalau untuk orang-orang yang kulitnya sensitif itu kita tidak menyarankan untuk pakai skincare atau produk yang ada fragrancenya. Kita ketahui fragrance itu merupakan salah satu bahan yang menyebabkan reaksi alergi tertinggi," katanya.

Baca Juga: Mitos atau Fakta Jika Menggunakan Kuteks dapat Merusak Ginjal Hingga Jantung? Simak Penjelasan Pakar!

 

Dan, dokter Jonathan juga menjelaskan bahwa setiap orang tentu memiliki jenis kulit yang berbeda sehingga produk skincare yang dipakai juga tak selalu sama fungsinya di kulit masing-maing orang.

"Kita juga bisa cobain, misalnya orang lain pakai dan cocok, terus kemudian kita pakai kok, jerawatan atau misalnya ada keluhan jangan diterusin. Artinya itu mungkin produk yang bagus tapi enggak cocok aja buat kita," saran dokter Jonathan. (*)