Bisakah Kuku yang Dicabut Setelah Cantengan Tumbuh Kembali dengan Normal? Simak Penjelasan Pakar Ini Deh Stylovers!

By Dinda Tiara Alfianti, Senin, 7 Februari 2022 | 20:31 WIB
Ilustrasi cantengan (Gridhealth)

Stylo Indonesia - Pernahkah Stylovers, mengalami kuku yang cantengan?

Yap, kuku yang cantengan memang bisa jadi salah satu hal yang cukup mengganggu ya, Stylovers.

Bahkan, kamu bisa saja terpaksa mencabut kuku kamu agar cantengan bisa cepat sembuh kan, Stylovers?

Namun, bisakah kuku yang dicabut setelah cantengan tumbuh kembali dengan normal?

Hal tersebut dijawab dengan jelas oleh dr. Inneke Jane Hidayat, MD.,MSc, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang diwawancarai Stylo Indonesia beberapa waktu lalu.

Menurut dokter Jane, kuku yang dicabut setelah cantengan bisa saja tumbuh kembali tergantung dengan kondisinya nih, Stylovers.

"Kuku kita bisa tumbuh kembali tergantung dari kerusakan pada matrix kuku. Matrix kuku itu terletak di daerah pangkal kuku di mana daerah tersebut adalah akar atau tempat di mana benih kuku tersebut akan tumbuh," ungkap dokter Jane.

Dokter Jane juga menjelaskan bahwa kuku yang tumbuh akan tergantung pada kondisi matrix kuku usai dicabut karena cantengan.

 Baca Juga: Cara Mengatasi Kuku Kaki Cantengan dengan Cara yang Aman

"Jika kerusakan terjadi sampai matrix kuku, maka pertumbuhan kuku bisa terganggu atau bahkan bisa tidak tumbuh sama sekali. Sedangkan jika matrix kukunya masih utuh, maka kuku dapat tumbuh kembali normal seperti sebelumnya," kata dokter Jane.

Tak hanya itu, dokter Jane juga menjelaskan bahwa cantengan pada kuku bisa saja berulang saat terjadi kondisi yang tidak baik pada kuku kamu nih, Stylovers.

"Tentu saja cantengan bisa terulang, tergantung dari faktor adanya trauma, adanya gesekan atau adanya tempat di mana bakteri atau jamur masuk ke daerah kuku tersebut," jelasnya.

Jadi, pastikan selalu kondisi kebersihan kuku kamu agar terhindar dari cantengan ya, Stylovers! (*)