L'Oreal Menggandeng Perdoski dan Universitas Indonesia dalam Memberikan Beasiswa Riset Seputar Rambut dan Kulit di Indonesia

By Diandra Jessica, Jumat, 3 Desember 2021 | 08:20 WIB
L'Oreal Menggandeng Perdoski dan Universitas Indonesia dalam Memberikan Beasiswa Riset Seputar Rambut dan Kulit di Indonesia. (Dok. L'Oreal Indonesia)

Stylo Indonesia - L'Oreal menggandeng Perdoski dan Universitas Indonesia dalam memberikan beasiswa riset seputar rambut dan kulit di Indonesia nih, Stylovers.

Dalam penelitian ini, L'Oreal menggandeng Perdoski dan Universitas Indonesia mengangkat program Hair and Skin Research Grant 2021.

Oleh sebab itu, dalam menjalani program ini, L'Oreal menggandeng Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski) dan Universitas Indonesia telah memberikan dana sebesar Rp 250 juta.

Baca Juga: Cara Cepat Tahu Bahan Berbahaya Tersembunyi dalam Skincare Menurut Dokter Kulit

Dimana dana atau beasiswa yang diberikan oleh L'Oreal, serta Perdoski dan Universitas Indonesia diberikan kepada tiga proposal seputar rambut dan kulit di Indonesia dalam program Hair and Skin Research Grant 2021.

Nah, berikut ini 3 proposal dalam Hair and Skin Research Grant 2021:

1. Pengaruh Topikal hASC-CM Terhadap Perbaikan Photoaging

Penelitian tersebut terdiri dari Dr. dr. Winawati Eka Putri, Sp.DV dan dr. Meidyta Sinantryana Widyaswari, SpKK

Tujuan penelitian pertama ini untuk mengevaluasi pengaruh topikal human adipose stem cell-conditioned medium (hASC-CM, produk stem cell jaringan lemak) terhadap perbaikan photoaging.

Baca Juga: Hilangkan Kutu Rambut dengan Bawang Putih, Amankah? Ini Kata Dokter!

2. Hubungan Antara Mikrobioma Kulit dan Penuaan Kulit Wajah

Penelitian tersebut terdiri dari dr. Uly Aanda Maria Nugraheni Pasaribu dan Dr. dr. Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK(K), MHA, FINSDV, FAADV

Sedangkan tujuan penelitiannya untuk melihat kolerasi antara mikrobiota tertentu contohnya Corynebacterium, dengan 9 parameter penuaan pada kulit wajah, serta membedakan mikrobioma kulit sehat antara orang dewasa muda dengan lanjut usia.

Baca Juga: Waspada, Ini Gejala Kulit Terpapar Merkuri Menurut Dokter Kulit!

3. Evaluasi In Vitro Khasiat Formulasi Fotoprotektif yang Mengandung (8,9) – Furanyl Pterocarpan-3-Ol dari Pachyrhizus erosus (Bengkuang)

Terdiri dari dr. Hanny Nilasari, SpKK(K), Dr.rer.nat. Endang Lukitaningsih, M.Si., Apt , dr. Dian Pratiwi, SpKK , dr. Fitria Agustina, SpKK serta dr. Githa Rahmayunita, SpKK(K)

Menurut Medical Director L'Oreal Research, Innovation and Technologies Michele Verschoore bahwa proyek terpilih tersebut, diharapkan dapat membantu para dermatolog Indonesia dalam perawatan kesehatan kulit di Indonesia.

Ketua Perdoski Dr.dr.Yulianto Listiawan Sp.KK juga menambahkan bahwa adanya penelitian tersebut diharapkan bisa lebih mengeri mengenai rambut serta kulit orang Indonesia.(*)