Penggunaan Olive Oil untuk Masak Bisa Sebabkan Kanker? Kamu Harus Tau Penjelasannya dari Para Ahli!

By Rina Suhandi, Kamis, 10 Juni 2021 | 17:55 WIB
Penggunaan Olive Oil untuk Masak Bisa Sebabkan Kanker? Kamu Harus Tau Penjelasannya dari Para Ahli! (islandoliveoil.com)

Stylo Indonesia - Saat diet, biasanya orang-orang berbondong-bondong mengganti minyak goreng menjadi olive oil untuk memasak makanan.

Eits, usut punya usut, ternyata penggunaan olive oil untuk masak bisa sebabkan kanker, loh! Tapi, masa iya, sih?

Untuk menanggapi hal tersebut banyak para ahli ikut turun tangan agar netizen enggak salah paham dengan penggunaan olive oil itu sendiri.

Jadi, amankah penggunaan olive oil untuk masak? Apakah benar olive oil bisa menimbulkan kanker? Yuk, simak penjelasan berikut, Stylovers!

Baca Juga: 3 Rekomendasi Skincare Multifungsi untuk Semua Jenis Kulit di Bawah Rp 50 Ribu

Dilansir Stylo Indonesia dari Kompas.com, beberapa penelitian memang menyatakan minyak nabati seperti olive oil dan soya oil baik digunakan karena mengandung PUFA (asam lemak tak jenuh) serta omega-3 yang tinggi.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait teknik memasak menggunakan minyak ini, agar manfaatnya tidak hilang.

“Lihat lagi penggunaannya. Misalkan seperti olive oil yang dipakai untuk dressing salad, itu enggak apa-apa, karena tidak dipanaskan sama sekali," ujar Seala Septiani selaku ahli gizi ketika dihubungi oleh tim Kompas.com di Jakarta, Selasa (6/10/2020).

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Pemerintah Akan Berikan Bantuan Uang Rp 500 Ribu untuk Keluarga yang Tak Terima PKH Hingga Deretan Produk Kecantikan Mengandung Olive Oil untuk Melembapkan Kulit