Menikah Tanpa Restu Orangtua Viral di Medsos, Inilah 3 Masalah yang Mungkin Menghampiri Menurut Psikolog!

By Diandra Jessica, Kamis, 14 Januari 2021 | 20:25 WIB
Dampak Menikah tanpa restu orangtua. (freepik.com)

Stylo Indonesia - Pada dasarnya, seseorang yang sudah menjalin hubungan pacaran lama pasti menginginkan untuk melaju ke jenjang pernikahan.

Salah satu hal yang dipertimbangkan sebelum melangkah ke jenjang pernikahan yaitu harus mendapatkan restu dari orangtua.

Sebab, menikah tanpa restu orangtua biasanya akan lebih banyak mendatangkan masalah dalam rumah tangga.

Baca Juga: 3 Posisi Bercinta yang Tokcer Agar Perempuan Cepat Hamil, Pengantin Baru Wajib Coba!

Sedang ramai dibicarakan, Arie Kriting dan Indah Permatasari juga merupakan salah satu pasangan yang menikah tanpa restu orangtua.

Ada juga beberapa pasangan di Indonesia yang tetap mengadakan pernikahan tanpa restu dari orangtua lho, Stylovers.

Menurut Alfath Hanifah Megawati, M.Psi bahwa akan ada stigma mengenai bukan anak yang berbakti kepada orangtua jika menikah tanpa restunya.

Baca Juga: 3 Trik Rahasia Memancing Gairah Perempuan, Orgasme Jadi Lebih Dahsyat!

Bukan tanpa alasan, sebab stigma ini muncul secara kultural di Indonesia, dimana keluarga menjadi kompenen yang sangat penting.

Seperti yang dilansir Stylo Indonesia dari Kompas.com bahwa masalah selanjutnya akan adanya tekanan dalam hidup antara orangtua dan anak yang akhirnya bisa berdampak pada kestabilan emosi diri.

Nah, masalah terakhir yang akan dialami ialah hilangnya support system dalam belajar membangun rumah tangga.

Baca Juga: Tidak Hanya Pria, Inilah Fakta Mengenai Kondom Khusus Perempuan!

Ketika sedang memiliki masalah dalam rumah tangga, biasanya peran orangtua sangat penting untuk menangani agar rumah tangga anak menjadi lebih baik.

Meskipun adanya peran orangtua, namun Ega menjelaskan bahwa sebuah pernikahan terdapat tim ini yang menjalaninya yaitu suami dan istri.

Oleh sebab itu, ketika sudah membangun rumah tangga maka Stylovers juga harus bisa menahan ego agar hubungan tidak selalu panas dan jauh dari pertengkaran.(*)