Ini Dia Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Bahaya Jika Tidak Digunakan

By Diandra Jessica, Jumat, 8 Mei 2020 | 16:36 WIB
Perbedaan sunscreen dan sunblock. (Pinterest.com)

Stylo.ID - Apakah Stylovers tahu perbedaan sunscreen dengan sunblock yanh sangat penting digunakan di iklim tropis? 

Pada umumnya sunblock dan sunscreen dianggap sama tanpa memiliki perbedaan, namun nyatanya dua rangkaian skincare tersebut memiliki perbedaan yang signifikan.

Berikut Stylo akan jelaskan secara mudah tentang perbedaan skincare dan sunblock.

Baca Juga: Rekomendasi Masker di Bawah Rp50 Ribu yang Mampu Mengatasi Jerawat dan Minyak Berlebih, Simak Ulasannya!

Sunscreen merupakan salah satu tabir surya yang memiliki tekstur lebih tipis dan cair, yang berfungsi menyerap radiasi sinar UV sebelum sampai kedalam lapiasan kulit.

Berbeda dengan sunscreen, sunblock memiliki tekstur lebih padat, yang berfungsi sebagai dinding utama dalam menghalang sinar UV.

Selain itu, dilansir dari farmaku.com sunscreen biasanya hanya melindungi kulit dari sinar UVB saja dan mencegah kulit menjadi memerah, perih sehingga kulit terasa terbakar.

Baca Juga: Ternyata Inilah Tips Menjalankan Puasa Saat Pandemi Covid-19

Sedangkan sunblcok dapat melindungi dari paparan sinar UVA dan UVB, dimana jika terkena UVA dapat terjadi keriput, penuaan dini bahkan kanker kulit.

Lalu terdapat kandungan Titanium Dioxide maupun Zinc Oxide di dalam sunblock, sedangkan jika sunscreen terdapat kandungan Octinoxate, Octycrylene, Avobenzone dan lainnya.

Nah itu dia penjelasan singkat tentang perbedaan sunscreen dan sunblock, dan jangan lupa untuk rutin menggunakan sunscreen atau sunblock meskipun berada didalam atau luar ruangan agar kulit tetap terjaga dan terhindar dari kanker kulit #DiRumahAjaBisaCantik. (*)