Bukan Hanya Modis, Fashion Desainer Kini Ajak Fashionista Cinta Lingkungan dengan Memakai Sustainable Fashion

By Dinda Tiara Alfianti, Senin, 2 September 2019 | 17:25 WIB
Bukan hanya modis, fashion desainer kini ajak fashionista cinta lingkungan dengan memakai sustainable fashion (Dinda Tiara A./Stylo.ID)

Stylo.ID - Bukan hanya modis, fashion desainer kini ajak fashionista cinta lingkungan dengan memakai sustainable fashion.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ali Charisma, National Chairman IFC saat launching MUFFEST 2020 yang mengusung sustainable fashion untuk setiap karya desainer yang akan tampil.

"Sekarang dunia itu sudah aware terhadap lingkungan. Fashion adalah perusak lingkungan mungkin yang pertama kali ya di dunia. Industri fashion ini banyak sekali yang barang-barangnya yang tidak bisa terurai kainnya. Akhirnya menjadi sampah yang akhirnya merusak lingkungan," ungkap Ali Charisma saat ditemui Stylo.ID di acara launching MUFFEST 2020 beberapa waktu lalu.

Koleksi suistanable fashion ini nantinya akan didesain dengan menggunakan material yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Ternyata Ini 6 Fashion Desainer yang Berhasil Bikin Ayu Ting Ting Terlihat Elegan di Video Klip Terbarunya yang Trending di YouTube

Bukan hanya itu, Ali Charisma juga mengajak kepada fashion desainer Tanah Air untuk memaksimalkan setiap potongan bahan agar tidak menjadi sampah yang mencemari lingkungan.

Ali Charisma, National Chairman IFC saat launching MUFFEST 2020 mengajak para fashion desainer untuk menggunakan material yang ramah lingkungan (Dinda Tiara A./Stylo.ID)

"Nah polyester ini bisa jadi juga sustain juga kalau mereka bener bener dipakenya panjang, umurnya gitu. Bukan cuma setahun saja tapi saya ini pake bahan polly, bahannya apa, desainnya klasik istilahnya tapi saya pakenya 10 tahun gitu. Berarti ya lumayan ngebantu dibanding yang bahannya alam tapi sebulan sudah gak dipake lagi gitu. Mengotori lingkungan juga walaupun itu sebenernya bisa diurai juga. Tapi kami tidak sarankan seperti itu," tutur Ali Charisma.

Baca Juga: Cerita Eksklusif Soal Gaun Mewah Terbaru Luna Maya dari Sang Fashion Desainer Diana Putri

Sustainable fashion juga bisa dilakukan semakin menarik oleh kreasi setiap desainer yang dapat memanfaatkan busana lama setiap konsumennya.

"Kalau sustainable mulai dari material, daur ulang, kaya semacam program atau movement misalnya konsumen bawa baju atau kaos saya bikin jadi jaket, jadi membayar service untuk dijadikan baju yang baru dengan memanfaatkan dua outfit yang dipakai lebih lama bisa sampai setahun," kata Ali Charisma.

Baca Juga: Tips Mix and Match Simpel dan Modis Saat Bukber dari Fashion Desainer Rinda Salmun

Nah, bisa banget untuk jadi tren fashion yang harus kamu ikuti nanti nih, Stylovers! (*)