Sunblock memiliki kandungan zinc atau zat besi yang memberi perlindungan pada kulit untuk mengantisipasi paparan sinar matahari.
Sunblock memiliki kandungan zinc atau zat besi yang memberi perlindungan pada kulit untuk mengantisipasi paparan sinar matahari. ( SHUTTERSTOCK)

Mana yang Lebih Baik, Sunscreen atau Sunblock? Yuk Intip Perbedaannya

20 Agustus 2021 07:33 WIB

SonoraBangka.id - Ada berbagai cara agar kulit kita tidak terpapar sinar matahari, mulai dari memakai topi hingga mengaplikasikan sunblock atau sunscreen.

Ya, salah satu cara agar kecantikan kulit tetap terjaga yaitu dengan menghindari paparan sinar matahari.

Sebagian dari kita mungkin bingung, sebenarnya apa sih perbedaan sunscreen dan sunblock?

Perbedaan sunscreen dan sunblock

Dilansir dari situs Health, Cristina Psomodakis, dokter kulit yang berbasis di London menjelaskan, sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang mengandung kimia organik seperti octyl methoxycinnamate, octyl salicylate, dan ecamsule.

Senyawa kimia tersebut bergantung pada reaksi kimia saat menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, kemudian dilepaskan dari kulit.

Sementara sunblock adalah produk skincare yang mengandung bahan mineral seperti titanium dioxide atau zinc oxide yang secara fisik dapat membantu menghalangi masuknya sinar UV.

Dapat dikatakan, hal utama yang menjadi perbedaan antara sunscreen dan sunblock adalah cara produk tersebut melindungi kulit dari sinar UV.

Lebih lanjut, sunblock dinamakan demikian karena secara harafiah ia menghalangi sinar UV untuk membentuk pelindung diri, sementara sunscreen melindungi kulit dengan adanya reaksi kimia saat kulit menyerap UV.

Selain itu, cara pengaplikasian kedua produk tersebut pun berbeda.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm