Stylo Indonesia - Agar selalu awet, peralatan elektronik di rumah perlu banget intuk dirawat.
Enggak perlu tunggu rusak, kamu juga perlu perhatikan apakah peralatan elektronik di rumahmu sudah diservis secara berkala.
Beberapa hal juga perlu untuk kamu lakukan saat merawat peralatan elektronik di rumah.
Karena merawat peralatan elektronik di rumah dengan baik bisa memperpanjang umur dan menjaga kinerjanya tetap optimal.
Berikut beberapa tipsnya:
1. Jaga Kebersihan
Bersihkan debu secara rutin, terutama di ventilasi perangkat seperti TV, AC, dan komputer.
Gunakan kain lembut dan kering atau sedikit lembab untuk mengelap permukaan elektronik.
Hindari penggunaan bahan kimia keras yang bisa merusak lapisan pelindung.
2. Hindari Overload Listrik
Gunakan stabilizer atau UPS untuk melindungi perangkat dari lonjakan listrik.
Jangan mencolokkan terlalu banyak perangkat pada satu stop kontak agar tidak terjadi korsleting.
Baca Juga: Cita Raya Hikayat, Hadirkan 52 Busana Modest Modern dengan Sentuhan Wastra Tenun Tradisional
Cabut perangkat yang tidak digunakan untuk menghemat listrik dan mencegah kerusakan akibat arus pendek.
3. Letakkan di Tempat yang Tepat
Hindari meletakkan elektronik di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau dekat dengan sumber panas.
Pastikan ada cukup ventilasi di sekitar perangkat untuk mencegah panas berlebih.
Jauhkan dari area yang lembap untuk menghindari korsleting atau karat pada komponen.
4. Gunakan dengan Bijak
Matikan perangkat saat tidak digunakan untuk memperpanjang umur pemakaian.
Hindari menyalakan atau mematikan perangkat terlalu sering, terutama untuk barang elektronik seperti komputer dan TV.
Ikuti petunjuk penggunaan yang diberikan oleh pabrik agar tidak salah dalam mengoperasikan perangkat.
5. Perawatan Rutin dan Servis Berkala
Untuk perangkat seperti AC, kulkas, dan mesin cuci, lakukan perawatan rutin sesuai rekomendasi produsen.
Jika ada tanda-tanda kerusakan seperti suara aneh atau penurunan kinerja, segera periksa atau panggil teknisi.
Sekarang kamu juga bisa mendapatkan pelayanan perawatan elektronik dengan mudah.
Misalnya saja seperti Direct Service Center di Bekasi yang diluncurkan Midea.
Kehadiran pusat layanan ini bertujuan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan serta memberikan kemudahan dalam perbaikan dan perawatan produk Midea.
Direct Service Center merupakan pusat layanan resmi yang disediakan langsung oleh Midea untuk menangani seluruh produk Midea.
Layanan yang tersedia mencakup dua metode utama, yaitu layanan home service dan carry-in.
Home service diperuntukkan bagi pelanggan dengan produk AC, kulkas, dan mesin cuci, kemudian teknisi akan datang langsung ke rumah untuk melakukan perbaikan.
Sementara itu, untuk produk Small Domestic Appliances seperti rice cooker, air fryer, dan air cooler, pelanggan dapat membawa unitnya langsung ke service center.
“Midea membuka service center di Bekasi untuk memperluas jaringan layanan purnajual perusahaan dan memudahkan customer untuk mengakses layanan kami,” ujar Jack Ding, President Director Midea Electronics Indonesia, saat pembukaan Direct Service Center.
Hingga Januari 2025, Midea telah memiliki jaringan layanan yang luas di Indonesia dengan total 246 pusat layanan yang tersebar di 218 kota.
Adapun layanan purnajual Midea terdiri atas tiga jenis yakni Direct Service Center, Exclusive Service Center, dan Authorized Service Center yang siap melayani kebutuhan pelanggan.
“Hingga saat ini, Midea telah memiliki 11 Direct Service Center, 16 Exclusive Service Center, dan 219 Authorized Service Center yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia,” kata Leo Ariefyanto, Head of Service Division Midea Electronics Indonesia.
Direct Service Center seperti yang baru buka di Bekasi ini merupakan pusat layanan service yang disediakan oleh Midea untuk memperbaiki produk dan melayani kebutuhan pelanggan secara langsung.
Exclusive Service Center adalah layanan eksklusif dari Midea yang bekerja sama dengan service partner terpilih serta telah secara resmi diakui dan diberikan izin oleh Midea untuk memperbaiki produk dan melayani segala kebutuhan pelanggan.
Sementara Authorize Service Center merupakan layanan yang telah secara resmi diakui dan diberikan izin oleh Midea untuk memperbaiki produk dan melayani kebutuhan pelanggan.
ASC pada dasarnya merupakan perpanjangan dari jaringan layanan Midea sendiri.
Selain memperluas jangkauan layanan, Midea juga terus meningkatkan mobilitas teknisinya dengan menghadirkan armada layanan yang siap melayani pelanggan dengan lebih cepat dan efisien.
Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan, Midea secara rutin mengadakan program Service Capability Development bagi teknisi, admin, dan agen call center.
(*)
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
KOMENTAR