Stylo Indonesia - Seiring berjalannya waktu, perkembangan brand kosmetik lokal semakin berjalan ke arah yang positif.
Perkembangan kosmetik dalam negeri, bisa dilihat dari banyak sisi.
Jika dilihat dari segi produk, maka perkembangan akan terlihat dari meningkatnya variasi produk, kualitas produk yang semakin baik, penggunaan bahan-bahan berkualitas, dan masih banyak lagi.
Sementara jika dilihat dari segi bisnis, perkembangan brand lokal terlihat dari meningkatnya daya beli masyarakat terhadap produk-produk dalam negeri.
Kualitas produk brand lokal yang semakin baik, secara alami membuat masyarakat dalam negeri tertarik untuk melirik produk-produk buatan brand lokal.
Apalagi, produk kosmetik brand lokal biasanya diproduksi dengan menyesuaikan cuaca dalam negeri dan kondisi spesifik kulit orang Indonesia.
Ada banyak faktor yang ikut mendukung perkembangan brand lokal, salah satunya adalah perubahan gaya hidup masyarakat.
Perubahan gaya hidup masyarakat sangat terasa sejak pandemi Covid-19 di awal tahun 2020.
Masyarakat Indonesia yang terpaksa harus berdiam diri di dalam rumah, mulai memiliki banyak waktu luang untuk merawat diri mereka.
Sehingga, produk kosmetik seperti skincare, body care, hingga hair care menjadi sangat diminati oleh banyak orang.
Baca Juga: 3 Rekomendasi Merk Skincare Lokal, Nantikan di Cosmetic Day 2023!
Mudahnya membeli produk skincare melalui smartphone, juga ikut mendukung meningkatnya pertumbuhan industrik kosmetik dalam negeri.
Hingga di tahun 2023, kebiasaan merawat diri sudah menjadi rutinitas yang masih bertahan walau pandemi telah usai.
Perhatian Pemerintah Terhadap Perkembangan Brand Kosmetik Lokal
Perkembangan brand lokal juga mendapat perhatian lebih dari Kementerian Perindustrian atau Kemenperin.
Dikutip dari kemenperin.go.id, tertulis dengan jelas bahwa Kemenperin mendukung IKM (Industri Kecil dan Menengah) kosmetik untuk meningkatkan daya saingnya.
Dukungan tersebut bukan hanya kata-kata semata, namun memiliki aksi berupa program pemerintah yang memfasilitasi restrukturisasi mesin dan peralatan agar IKM dapat memproduksi barang-barang berkualitas.
Tak hanya itu, terdapat pula fasilitasi legalisasi seperti Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) dan izin edar, serta fasilitasi pemasaran digital dan pameran virtual.
Dalam waktu dekat, Kemenperin bekerja sama dengan Stylo Indonesia selaku media Fashion dan Beauty, akan memberikan ruang bagi para brand lokal untuk memamerkan produk mereka!
Kemenperin bersama Stylo Indonesia akan mengadakan event Cosmetic Day 2023 yang akan berlangsung tiga hari dari 24-26 November 2023.
Selama tiga hari, Cosmetic Day 2023 akan diisi dengan rangkaian Beauty Talkshow, Make Up Competition yang bisa diikuti oleh pemula, serta pameran IKM (Industri Kecil Menengah) yang sudah dikurasi oleh Kemenperin.
Nah, untuk Stylovers yang tidak mau ketinggalan informasi mengenai Cosmetic Day 2023, segera ikuti Instagram @cosmeticday2023 dan juga @stylo.indonesia!
Baca Juga: Media Sosial Dorong Perkembangan Bidang Kecantikan Menuju Cosmetic Day 2023
(*)
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
Adakan Pesta Ulang Tahun di Rumah, Titi Kamal Kenakan Dress Pink bak Barbie Rancangan Desainer
KOMENTAR