Follow Us

Jadi Calon Kuat Pengganti Anies Baswedan, Heru Budi Hartono Pernah Dicopot Ahok Gegara Alasan Ini, Foto Kasetpres Ramai Dibahas

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 13 September 2022 | 17:53
Kasetpres Heru Budi Hartono pernah dicopot Ahok gegara alasan ini. Terkini, dia menjadi calon kuat pengganti Anies Baswedan.
Setpres

Kasetpres Heru Budi Hartono pernah dicopot Ahok gegara alasan ini. Terkini, dia menjadi calon kuat pengganti Anies Baswedan.

Fotokita.net - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono secara resmi menjadi salah satu calon Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. DPRD DKI Jakarta telah mengambil kesepakatan soal usulan nama yang akan mengisi posisi orang nomor satu di Jakarta.

Selain Heru Budi Hartono, ada dua nama lain yang juga ikut diusulkan, yaitu Sekda DKI Jakarta Marullah Matali, serta Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar. Selanjutnya ketiga nama itu akan disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Di antara nama usulan itu, Heru Budi Hartono menjadi calon kuat Anies Baswedan. Ternyata mantan Wali Kota Jakarta Utara ini pernah dicopot Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok gegara alasan ini. Foto Kasetpres ramai dibahas.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyebutkan, wakil rakyat telah bersepakat atas tiga nama yang akan disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Jadi nama tersaring untuk diserahkan kepada Kemendagri adalah, ini nggak ada urutan ya, nggak ada nomor. Pertama Heru Budi, kedua Marullah, ketiga Bahtiar," kata Prasetyo dalam rapat, Selasa (13/9/2022).

Prasetyo lalu mempertanyakan apakah usulan tiga nama itu bisa disetujui. Pimpinan sembilan fraksi DPRD DKI Jakarta pun langsung menyetujui tanpa adanya dinamika.

"Apakah ini disetujui?" tanya Prasetyo.

"Setuju," jawab pimpinan Fraksi.

Baca Juga: Dikepung Banjir, Begini Alasan Wali Kota Depok Ngebet Gabung ke Pemerintahan Anies Baswedan, Foto Bencana Musiman Ramai Dibahas

Awalnya, ada empat nama yang muncul dalam rapat pimpinan gabungan sebagai kandidat Pj Gubernur DKI Jakarta. Selain ketiga nama yang disetujui, ada pula nama Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Informasi dan Komunikasi Politik Juri Ardiantoro.

Setelah dihimpun, total nama Heru Budi dan Marullah Matali masing-masing dipilih oleh sembilan fraksi. Sedangkan Bahtiar 6 fraksi dan Juri Ardiantoro 3 fraksi.

Sebagai informasi, jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bakal berakhir pada 16 Oktober 2022, dan kursi mereka akan diisi Pj Gubernur yang ditunjuk Kemendagri sampai Pilkada serentak 2024 nanti.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest