Paparan Sinar Matahari Ancam Bikers Terkena Kanker Kulit, Ketahui Pencegahannya Menurut Ahli!

By Cerysa Nur Insani, Senin, 24 Agustus 2020 | 14:40 WIB
Paparan Sinar Matahari Ancam Bikers Berisiko Terkena Kanker Kulit, Ketahui Pencegahannya Menurut Ahli! (www.freepik.com)

Stylo.ID - Bagi Stylovers yang sering bepergian menggunakan sepeda motor atau kerap disebut bikers, perlu berhati-hati terhadap risiko terkena kanker kulit akibat paparan sinar matahari.

Baik mengendarai motor sendiri atau sering menggunakan ojol, para bikers ternyata menghadapi risiko yang lebih besar untuk terkena kanker kulit karena paparan sinar matahari.

Kali ini dokter spesialis kulit dan kelamin Dr. Kardiana P. Dewi, Sp.KK berbagi secara detil mengenai paparan sinar matahari yang dapat mengakibatkan kanker kulit.

dr. Kardiana Purnama Dewi Sp.KK (Cece Stylo.ID)

Sinar matahari memiliki 3 jenis pancaran sinar UV yaitu UVA, UVB, dan UVC. 95% dari sinar matahari adalah UVA yang dapat menembus ke dalam kulit dan mengakibatkan efek penuaan pada kulit kita.

Sedangkan UVB adalah sinar UV yang mengakibatkan kulit kita menjadi lebih gelap atau gosong setelah berada di bawah sinar matahari.

UVC sendiri biasanya sudah sepenuhnya disaring oleh lapisan ozon, sehingga tak mencapai permukaan tanah meski tak menutup kemungkinan adanya radiasi UVC yang menembus akibat lapisan ozon yang bolong.

Baca Juga: Kerap Dilakukan Wanita Milenial, Inilah Kebiasaan Buruk yang Bisa Picu Kanker Kulit, Jangan Dianggap Sepele!

Pengaruh radiasi sinar UV dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya waktu, posisi wilayah tempat kita beraktivitas, cuaca yang terik atau mendung, serta kadar kelembapan udara.

Indonesia sebagai sebuah negara yang terletak di garis khatulistiwa, tentunya secara umum akan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup intens sepanjang tahun.

Radiasi sinar UV sendiri paling kuat berada pada pukul 10.00 pagi hingga 15.00 sore. Pada pagi hari, cahaya matahari justru bisa menyehatkan bagi kulit dan tubuh.

Namun apabila kita sering terkena paparan sinar UV yang kuat di siang hari, hal tersebutlah yang berisiko menyebabkan kanker kulit.

Bahaya Kanker Kulit

Menurut Dr. Kardiana Dewi ada 3 jenis kanker kulit yang perlu diketahui yaitu karsinoma sel basal yang paling umum terjadi akibat paparan sinar matahari, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma maligna yang paling ganas.

Selain paparan sinar matahari, kanker kulit juga bisa disebabkan oleh faktor genetik.